-->

Contact Form

Name

Email *

Message *

Tuesday 6 March 2012

Fathul-Qorib Pasal Tentang Istinja

Muqodimah Fathul-Qorib (Terjemah Indonesia), definisi pengertian menurut ulama madzhab imam syafii fiqih islam bab pasal menurut lughat bahasa istilah online. hukum syareat islam rukun syarat wajib sunah mubah haram makruh


بسم الله الرحمن الرحيم
Fathul-Qorib (Terjemah Indonesia)
Translated by Aa. Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com



الاستنجاء
Pasal Tentang Istinja


فصل:والاستنجاء واجب من البول والغائط. والأفضل أن يستنجي بالأحجار ثم يتبعها بالماء، ويجوز أن يقتصر على الماء أو على ثلاثة أحجار ينقِي بهن المحل، فإذا أراد الاقتصار على أحدهما فالماء أفضل. ويجتنب استقبال القبلة واستدبارها في الصحراء ويجتنب البول والغائط في الماء الرَّاكد، وتحت الشجرة المثمرة ،وفي الطريق، والظِّل، والثُّقب. ولا يتكلم على البول والغائط.ولا يستقبل الشمس والقمر ولا يستدبرهما.


Adapun istinja’ adalah wajib yakni buang air kecil atau air besar. Tata cara yang lebih afdhal, ialah bersuci dengan batu, lalu mengikutinya dengan air. dan boleh meingkasnya dengan air atau dengan tiga buah batu (yang bersih) yang dapat membersihkan tempatnya, bila ingin meringkas salah satunya, maka dengan air itu lebih baik.

Dan wajib(bagi orang yang membuang kotoran) untuk tidak menghadap kearah kiblat atau membelakanginya di tempat yang terbuka, dan (sunat) menjauhi buang air kecil di tempat air yang diam (tidak mengalir), dan di bawah pohon yang berbuah , dan di tengah jalan, dan di tempat teduh, dan di tanah yang berlubang, dan tidak boleh berbicara ketika buang air kecil atau besar, dan tidak boleh menghadap matahari dan bulan dan tidak boleh membelakanginya.
Related Posts
Disqus Comments

Popular Posts

Pencarian

Bottom Ads