-->

Contact Form

Name

Email *

Message *

Saturday 14 January 2012

Muqadimah 3 Kitab Fathul Muin (Terjemah Indonesia)


Muqadimah Kitab Fathul Muin (Terjemah Indonesia), definisi pengertian menurut ulama madzhab imam syafii fiqih islam bab pasal menurut lughat bahasa istilah online. hukum syareat islam rukun syarat wajib sunah mubah haram makruh
بسم الله الرحمن الرحيم
Muqadimah kitab Fathul muin
Translated By Aa. Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com

وبعد) أي بعدما تقدم من البسملة والحمدلة والصلاة والسلام على من ذكر، (فهذا) المؤلف الحاضر ذهنا (مختصر) قل لفظه وكثر معناه من الاختصار (في الفقه) هو لغة: الفهم. واصطلاحا: العلم بالاحكام الشرعية العملية المكتسب من أدلتها التفصيلية. واستمداده من الكتاب والسنة والاجماع والقياس. وفائدته امتثال أوامر الله تعالى واجتناب نواهيه. (على مذهب الامام) المجتهد أبي عبد الله محمد بن إدريس (الشافعي رحمه الله تعالى) ورضى عنه أي ما ذهب إليه من الاحكام في المسائل. إدريس والده، هو ابن عباس بن عثمان بن شافع بن السائب بن عبيد بن عبد بن يزيد بن هاشم بن عبد المطلب بن عبد مناف. وشافع، وهو الذي ينسب إليه الامام. وأسلم هو وأبوه السائب يوم بدر. وولد إمامنا رضى الله عنه سنة خمسين ومائة، وتوفي يوم الجمعة سلخ رجب سنة أربع ومائتين. (وسميته بقرة العين) ببيان (مهمات) أحكام (الدين) انتخبته. وهذا الشرح من الكتب المعتمدة لشيخنا، خاتمة المحققين، شهاب الدين أحمد بن حجر الهيتمى، وبقية المجتهدين مثل وجيه الدين عبد الرحمن بن زياد الزبيدى رضى الله عنهما، وشيخي مشايخنا: شيخ الاسلام المجدد زكريا الانصاري، الامام الامجد أحمد المزجد الزبيدى رحمهما الله تعالى. وغير هم من محققي المتأخرين معتمدا على ما جزم به شيخا المذهب: النووي والرافعي فالنووي فمحققو المتأخرين. رضى الله عنهم، (راجيا من) ربنا (الرحمن أن ينتفع به الاذكياء) أي العلاء، (وأن تقر به) بسببه (عيني غدا) أي اليوم الاخر (بالنظر إلى وجهه الكريم بكرة وعشيا) آمين.


  Definisi Dan Pengertian Ilmu Fiqih

        Adapun selanjutnya, Setelah melewati penjelasan tentang Basmalah dan Hamdalah serta pengucapan shalawat dan salam atas siapa yang disebutkan. Penyusun menghadirkan sebuah konsiderasi (sebagai ringkasan kecil) yang mencakup sedikit lapadz dan banyak makna terurai didalamnya, sebagai Sebuah summary atau ringkasan (dalam pengenalan ilmu fiqih).

Fikih secara etimologi adalah “pemahaman” . Dan menurut istilah adalah ilmu yang mengetahui warna "hukum syareat-amaliah" yang dikaji dari directory yang akurat, yang pengambilan-nya Melalui otoritas Al-Quran, As-sunnah, ijma para ulama dan qiasy.

  Faedah Mempelajari Ilmu Fiqih

        Adapun faedah mempelajari ilmu tersebut adalah untuk merealisasikan segala perintah-perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-nya.(melalui madzhab Imam Syafii) pen. Beliau adalah Al mujtahid abi Abdillah Muhammad bin Idris bin Syafii (semoga Allah SWT senantiasa merahmati dan meridhoinya)pen. yaitu primary-hukum yang bermadzhab Imam Syafie dalam mengurai masalah masalah agama .

  Keturunan Dan Silsilah Imam As-Syafii

        Nama Idris adalah nama orang tua beliau(Imam Syafei), dia (idris) adalah anak dari Ibnu abas bin Utsman bin Syaafii bin Saaib bin Ubed bin Abdun bin Yajid bin Haasyim bin Abdul Muthalib bin Manaf.

Nama As-syafii adalah nama yang di hubungkan kepada imam syafii, yang masuk islam pada waktu terjadi perang badar, dan bapak beliau bernama Saaib. Imam kita dilahirkan pada tahun 150 Hijriayyah dan wafat hari jumat pada akhir bulan rajab tahun 204 hijriyyah.

Saya namakan kitab ini dengan "Qurratul'ain" yang disertai dengan penjelasan penting untuk mengetahui basic hukum-hukum (agama).

  Sumber Rujukan Kitab Fathul-Muin

        Syarah kitab ini di-ambil dari sumber kitab-kitab yang akurat milik guru kami. Beliau adalah khatimah (penutup)ulama Muhaqqiqin (yaitu ulama ahli hakekat dari para wali-wali Allah) yakni, Syihabudin Ahmad bin Hajar Al haitami. Baqiyatul mujtahidin seumpama Syekh Wajihudin Abbdurahman bin jayadi Aj-jubaidi (semoga Allah SWT Meridhoinya) dan dua guru besar kami, yaitu Syekh islam Al mujadid Zakariya Al-anshari Al-imam Al-amjad ahmad Aj-jubaidi (Semoga Allah SWT senantiasa merahmatinya). Dan selain mereka ada dua orang muhaqqiq Mutaakhir yang mu'tamad, yaitu Imam Nawawi dan Imam Rafii. Adapun Imam Nawawi adalah muhaqiq mutaakhir (semoga Allah meridhoinya).

  Doa Dan Harapan Pengarang

Berharap dari tuhan kami yang maha pengasih, semoga kitab ini bermanfaat bagi para adzkiya (orang yang cerdas) yaitu orang yang tinggi derajatnya, dan semoga dengan kitab ini pula berlinang air mata-bahagiaku pada hari kiamat kelak, karena dapat melihat wajah tuhanku yang maha mulia dari pagi hingga petang...Amiiin


Fathul muin Bab Shalat  1 2 3 4  5 6                                                                  Kembali
Related Posts
Disqus Comments

Popular Posts

Pencarian

Bottom Ads