-->

Contact Form

Name

Email *

Message *

Friday 13 January 2012

Muqadimah 2 Kitab Fathul Muin (Terjemah Indonesia)


Muqadimah Kitab Fathul Muin (Terjemah Indonesia), definisi pengertian menurut ulama madzhab imam syafii fiqih islam bab pasal menurut lughat bahasa istilah online. hukum syareat islam rukun syarat wajib sunah mubah haram makruh
بسم الله الرحمن الرحيم
Muqadimah kitab Fathul muin
Translated By Aa. Miftah Hudaya


الحمد الله الذى هدانا) أي دلنا (لهذا) التأليف (وما كنا لنهتدي لولاأن هدانا الله) إليه والحمد هو الوصف بالجميل (والصلاة وهي من الله الرحمة المقرونة بالتعظيم (والسلام) أي التسليم من كل آفة ونقض (على سيدنا محمد رسول الله) لكافة الثقلين، الجن والانس إجماعا - وكذا الملائكة، على ما قاله جمع محققون. ومحمد، علم منقول من اسم المفعول المضعف موضوع لمن كثرت خصاله الحميدة، سمى به نبينا صلى الله عليه واله وسلم بإلهام من الله لجده. والرسول من البشر ذكر حر، أوحى إليه بشرع وأمر بتبليغه، وإن لم يكن له كتاب ولا نسخ كيوشع عليه السلام، فإن لم يؤمر بالتبليغ فنبي. والرسول أفضل من النبي إجماعا. وصح خبر أن عدد الانبياء عليهم الصلاة والسلام مائة ألف وأربعة وعشرون ألفا، وأن عدد الرسل ثلثمائة وخمسة عشر. (وعلى آله) أي أقاربه المؤمنين من بني هاشم والمطلب. وقيل هم كل مؤمن، أي في مقام الدعاء ونحو، واختير لخبر ضعيف فيه، وجزم به النووي في شرح مسلم. (وصحبه) وهو اسم جمع لصاحب بمعنى الصحابي، وهو من اجتمع مؤمنات بنبينا صلى الله عليه واله وسلم ولو أعمى وغير مميز. (الفائزين برضا الله) تعالى، صفة لمن ذكر


  Uraian Kecil Tentang Tahmid (pujian)

       Segala puji bagi Allah yang telah memberikan hidayahnya kepada kita, yaitu didalam penyusunan kitab ini. maka tiadalah kita akan mendapatkan petunjuknya jika Allah tidak memberikan hidayah-nya.

Lafadz (الحمد), ber-makna sifat yang indah. Adapun Makna (الصلاة) dari Allah merupakan rahmatnya yang berhubungan dengan pengagungan. sedangkan makna(السلام) adalah keselamatan dari setiap kerusakan dan kekurangan.

  Uraian Tentang Nama Muhammad SAW

(على سيدنا محمد رسول الله) Atas pemimpin kami, "Muhammad SAW sebagai rasul-Allah". Baik bagi kalangan jin maupun manusia secara ijma ulama. Begitu juga bagi kalangan malaikat. Ini menurut keterangan ulama muhaqqikun.

Lapadz (محمد) adalah ( علم منقول) (Yaitu, nama yang dipindah) dari isim maful yang mudha'af (yaitu,isim maful yang ain fiilnya ganda) ditempatkan untuk seseorang yang memiliki perkara terpuji. beliau dinamakan demikian, karena datang ilham dari Allah kepada kakeknya.

  Keutamaan Seorang Rasul

Rasul itu berasal dari golongan manusia yang berjenis kelamin laki-laki merdeka, yang di wahyukan untuk membawa syareat, dan perintah melakukan tabligh, sekalipun ia tidak membawa kitab suci atau sebuah salinan kitab dari Allah, seperti nabi yusya' AS walaupun ia tidak di perintahkan untuk melaksanakan dakwah. Maka yang demikian itu adalah nabi.

  Jumlah Bilangan Nabi Dan Rasul

Menurut ijma ulama, bahwa seorang Rasul lebih afdhal dari pada seorang nabi. Dan menurut kaul yang shahih bahwa jumlah bilangan nabi sebanyak 124.000. sedangkan jumlah bilangan rasul sebanyak 315.

  Penjelasan Tentang Keluarga Muhammad SAW

(وعلى آله) yaitu kerabat-nya kaum mu'minin dari golongan Bani Hasyim dan Bani Muthalib. Ada juga yang mengatakan, "mereka adalah kaum muslimin yang terdapat dalam maqom doa atau seumpamanya." Keterangan ini diseleksi oleh para ulama ahli hadits karena ada hadist dhaif, lalu Imam Nawawi menguatkan hal tersebut didalam kitab syarah muslim. (وصحبه) Lapadz (وصحبه) adalah isim jamak dari (صاحب) yang bermakna (الصحابي), yaitu, "orang beriman yang berkumpul bersama nabi, walaupun ia buta dan belum aqil baliqh.(الفائزين برضا الله)mereka bahagia dengan ridha Allah yang maha tinggi.Keterangan tadi, adalah shifat bagi orang yang telah di sebutkan



Muqodimah Fathul-muin  1  2  3
Related Posts
Disqus Comments

Popular Posts

Pencarian

Bottom Ads