-->

Contact Form

Name

Email *

Message *

Friday 13 January 2012

Muqadimah 1 Kitab Fathul Muin (Terjemah Indonesia)


Muqadimah Kitab Fathul Muin (Terjemah Indonesia), definisi pengertian menurut ulama madzhab imam syafii fiqih islam bab pasal menurut lughat bahasa istilah online. hukum syareat islam rukun syarat wajib sunah mubah haram makruh
بسم الله الرحمن الرحيم
Muqadimah kitab Fathul muin
Translated By Aa. Miftah Hudaya
www'bismillahku.blogspot.com


الحمد لله الفتاح الجواد، المعين على التفقه في الدين من اختاره من العباد، وأشهد أن لا إله الله، شهادة تدخلنا دار الخلود، وأشهد أن سيدنا محمدا ورسوله، صاحب المقام المحمود، صلى الله وسلم عليه وعلى آله وأصحابه الامجاد صلاة وسلاما أفوز بهما يوم المعاد.


  Sekapur Sirih

        Segala puji bagi Allah SWT yang maha pembuka dan maha pemberi lagi maha penolong untuk pemahaman agama bagi orang yang dipilihnya dari sebahagian hamba-hambanya yang shalih. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dengan kesaksian yg memasukan kami kepada negri yang kekal abadi. Dan aku berrsaksi bahwa pemimpin kami yaitu Nabi Muhammad SAW adalah rasulnya sebagai pemilik maqam yang terpuji. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan salam kepada keharibaan nya dan atas keluarga serta para shahabatnya yang mulia. Dengan rahmat dan salam, semoga aku berbahagia karena pahala kedua kalimat tersebutnya pada hari akhirat kelak


(وبعد) فهذا شرح مفيد على كتاب المسمى بقرة العين بمهمات الدين، يبين المراد ويتمم المفاد، ويحصل المقاصد ويبرز الفوائد. (وسميته): بفتح بشرح قرة العين بمهمات الدين. وأنا أسأل الله الكريم المنان أن يعم الانتفاع به للخاصة والعامة من الاخوان، وأن يسكنني به الفرودس في دار الامامان، إنه أكرم كريم وأرحم رحيم.


  Penjelasan Tentang Kandungan kitab dan Harapan

       Adapun selanjutnya, kitab ini adalah sebuah syarah yang berfaedah yang tertuang dari sebuah kitab yang bernama "Qurratul-'ain bimuhimatid-diin" (padangan mata bersama dengan perihal penting dalam agama). yang meng-explain tentang intents and purposes agama, dan menyempurnakan avail (faedah) yang memberikan neraca pada tiap tujuan, serta mencerahkan warna kemanfaatan sebuah faedah. Yang aku namai dengan nama "Qurratul-'ain bimuhimatid-diin."

Aku memohon kepada Allah SWT yang maha mulia lagi maha pemberi nikmat, semoga kitab ini bermanfaat secara universal, baik untuk orang yang khusus maupun orang yang awam dari kalangan saudara-saudara kami. Dan semoga Allah SWT menempatkanku kedalam surga firdaus dengan wasilah kitab ini, yaitu dinegeri yang penuh dengan kenyamanan. Sesungguhnya dia (Allah) adalah zat yang maha belas kasihan.


بسم الله الرحمن الرحيم) أولف: والاسم مشتق من السمو وهو العلو، لا من الوسم وهو العلامة والله علم للذات الواجب الوجود، وهو اسم جنس لكل معبود، ثم عرف بأل وحذفت الهمزة، ثم استعمل في المعبود بحق، وهو الاسم الاعظم عند الاكثر، ولم يسم به غيره ولو تعنتا. والرحمن الرحيم صفتان بنيتا للمبالغة من رحم، والرحمن أبلغ من الرحيم، لأن زيادة البناء تدل على زيادة المعنى، ولقولهم: رحمن الدنيا والاخرة، ورحيم الاخرة:


  Penjelasan Tentang Kalimat Basmalah

       Bismillahirrahmanirrahiim, Aku menyusun kitab ini dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. lapadz (الاسم) dibentuk dari kata (السمو) yang berarti tinggi, bukan di ambil dari kata (الوسم) yang berarti tanda atau alamat. Sedangkan lapaz (الله) adalah sebangsa Alam (nama) bagi zat yang wajib wujud, yaitu isim jinis bagi tiap-tiap yang disembah. kemudian di ma'rifatkan dengan alif-lam lalu dibuang hamzahnya, kemudian digunakan pada sesuatu yang disembah. lapazd (الله) adalah sebuah nama yang agung menurut mayoritas. dan tidak boleh dinamai dengan nama tersebut selain Allah, sekalipun ia adalah orang yang durhaka. Lapadz (الرحمن الرحيم) adalah dua sifat yang di bentuk sebagai mubalaghah dari asal (رحم). lapadz (الرحمن) maknanya lebih unggul dari lapaz (الرحيم), sebab bertambahnya bentuk menunjukan bertambahnya makna. karena ada sebuah ucapan para ulama : "رحمن الدنيا والاخرة، ورحيم الاخرة" (Makna Ar-rahman : Allah maha pengasih didunia dan akhirat, dan makna Ar-rahim: Allah maha pengasih diakherat)


Muqodimah Fathul-muin  1  2  3
Related Posts
Disqus Comments

Popular Posts

Pencarian

Bottom Ads