-->

Contact Form

Name

Email *

Message *

Monday 16 January 2012

Bab Shalat kitab Fathul muin 4(Terjemah Indonesia)


Bab Shalat Kitab Fathul Muin (Terjemah Indonesia), definisi pengertian menurut ulama madzhab imam syafii fiqih islam bab pasal menurut lughat bahasa istilah online. hukum syareat islam rukun syarat wajib sunah mubah haram makruh
بسم الله الرحمن الرحيم
Bab Shalat kitab Fathul muin
Translated by Aa. Miftah Hudaya
www.bismillahku.blogspot.com


كصوم أطاقه) فإنه يؤمر به لسبع ويضرب عليه لعشر كالصلاة. وحكمة ذلك التمرين على العبادة ليتعودها فلا يتركها. وبحث الاذرعي في قن صغير كافر نطق بالشهادتين أنه يؤمر ندبا بالصلاة والصوم، يحث عليهما من غير ضرب ليألف الخير بعد بلوغه، وإن أبى القياس ذلك. انتهى. ويجب أيضا على من مر نهيه عن المحرمات وتعليمه الواجبات، ونحوها من سائر الشرائع الظاهرة، ولو سنة كسواك، وأمره بذلك. ولا ينتهي وجوب ما مر على من مر إلا ببلوغه رشيدا، وأجرة تعليمه ذلك - كالقرآن والآداب - في ماله ثم على أبيه ثم على أمه.


Seperti halnya puasa jika ia mampu, maka orang tua wajib memerintahkan anak-anak saat berusia tujuh tahun, dan memukulnya saat berusia sepuluh tahun, sebagaimana kewajiban perintah shalat. Hikmah yang demikian itu sebagai (التمرين) atau latihan kepada anak-anak untuk melaksanakan kewajiban ibadah agar mereka tidak meninggalkanya.

Imam Al-Ajra'i pernah membahas hukum tentang "seorang budak kafir yang masih kecil mengucapkan dua kalimat syahadat. sesungguhnya sunah untuk memerintahkan shalat dan puasa kepadanya dan sunah mengajurkan keduanya tanpa pukulan agar ia mendapatkan kebaikan apa bila dewasa (baligh) jika ia menentang untuk melaksanakannya maka mengambil hukum qiasy dalam masalah tersebut.Pen.

Dan juga wajib melarang mereka untuk melakukan perkara yang haram dan mengajarkan mereka kewajiban-wajiban agama, atau semua bentuk syareat yang di anjurkan agama sekalipun itu sunah. seperti memerintahkan siwak dsb.

Kewajiban ini tidak berakhir sampai mereka mendapatkan kecerdasan. dan membayar orang yang mengajarkanya. seperti ia belajar Al-Quran dan adab sopan santun pada hartanya, kemudian bapaknya, kemudian ibunya.


تنبيه) ذكر السمعاني في زوجة صغيرة ذات أبوين أن وجوب ما مر عليهما فالزوج، وقضيته وجوب ضربها. وبه - ولو في الكبيرة - صرح جمال الاسلام البزري. قال شيخنا: وهو ظاهر إن لم يخش نشوزا. وأطلق الزركشي الندب.


Peringatan, As-Sam'aany telah menjelaskan tentang " seorang istri yang masih kecil dalam tanggungan kedua orang tuanya". Sesungguhnya, kewajiban tersebut Masih kewenangan kedua orang tuanya, kemudian suami terhadap istrinya dan juga dalam perkara pemukulannya, meskipun ia (istri) sudah dewasa.

Jamal Al-islam Al-bijrie pernah menjelaskan perkara tersebut, Guru kami telah berkata : "hal yang demikian telah nampak jika ia tidak takut akan kedurhakaan istrinya". Dan Imam Zarkasih pernah mengatakan perkara tersebut adalah sunah


وأول واجب) حتى على الامر بالصلاة كما قالوا (على الآباء) ثم على من مر (تعليمه) أي المميز (أن نبينا محمدا (ص) بعث بمكة) وولد بها (ودفن بالمدينة) ومات بها.


Kewajiban yang pertama bagi orang tua sebagai mana yang mereka (para ulama katakan) "adalah mengajarkan anak-anak yang mumayyiz, sampai perintah untuk melaksanakan ibadah shalat." Sesungguhnya Nabi kami yaitu Muhammad SAW di utus di Makkah dan beliau dilahirkan disana, dan beliau di kubur dan wafat di Madinah.


Fathul muin Bab Shalat  1 2 3 4  5 6                                                                  Kembali
Related Posts
Disqus Comments

Popular Posts

Pencarian

Bottom Ads